Apa itu Kreatif?

Posted by ammannaga 0 comments
Bila kita kilas balik ke masa kecil tentu kita masih ingat bila ditanya tentang cita-cita. Ada yang ingin jadi tentara,polisi, presiden, astronot, dll. Ketika di masa itu kita tidak berpikir tentang bagaimana cara untuk mencapai itu tetapi lebih cenderung berimajinasi misalnya “Andaikan aku...”atau “Aku ingin..” Di sanalah tanpa kita sadari daya imajinatif mulai tercipta tanpa batasan logika tanpa adanya pengekangan. Bebas sebebasnya dan mengalir begitu saja. Seiring dengan banyaknya informasi dan pengetahuan yang diserap, daya imajinatif kita semakin berkurang. Terkadang atau tidak jarang kita membunuh sendiri daya imajinatif itu karena mungkin percaya itu tidak pernah jadi kenyataan. Hal ini karena kita sudah terkontaminasi dengan realita yang sepenuhnya mengikat dan memenjarakan bahkan membunuh daya imajinatif kita perlahan-lahan.  Imajinasi inilah yang menjadi daya pendorong untuk menimbulkan kreativitas.
 
Kreativitas berasal dari bahasa latin Creare yang berarti membuat sesuatu dari tidak ada. Pengalaman biasanya menjadi salah satu sumber pentingnya. Sebagai contoh banyak musisi yang menciptakan karyanya berdasarkan pengalamannya. Yang paling menonjol adalah ketika banyak orang bersolo karir adalah karena mereka mengalami atau melewati pengalaman yang luar biasa sehingga itu menjadi bagian dari karyanya. Kreativitas bukanlah kemampuan yang luar biasa. Setiap orang bisa memilikinya. Dalam buku “Mengoptimalkan Daya kerja Otak” karangan Iwan Sugiarto kreativitas merupak pengembangan dan kemajuan pikiran yang menumpahkan cara berpikir tidak secara konvensional sehingga menciptakan lompatan besar dalam pengetahuan dan aplikasinya. Selain itu, kreativitas juga merupakan:
             1.Kemampuan melihat masalah ketika orang lain tidak melihatnya
2         2.Kemampuan melihat masalah dengan sudut pandang yang berbeda
3      3.Kemampuan berkreasi dalam menggabungkan beberapa hal/barang/unsur/gagasan yang lama atau sudah   ada menjadi baru.
4     4.Gabungan pemikiran otak kiri dan otak kanan
5      5.Kreativitas itu bisa berkembang dengan latihan-latihan
6       6.Untuk menjadi kreatif sering kali kita harus berpikir seperti pola berpikir anak kecil yang tidak terikat pada aturan-aturan logika.
Sedikit menguji, tahukah anda bahwa penemu kode morse adalah seorang pelukis? Penemu telepon otomatis adalah pengusaha? Penemu film Kodachrome adalah musisi? Dan penemu pena adalah pematung?
Lalu bagaimana cara melatih daya kreativitas anda tersebut. Pertama mulailah bermimpi tentang sesuatu. Gambarkan sebuah objek dan berimajinasilah. Biarkan pikiran anda mengalir dan jangan coba mengarahkannya. Anda tidak boleh tegang atau mengharapkan sesuatu pada saat akan memikirkannya. Semakin anda membiarkan diri anda berimajinasi anda akan dapat menghubungkan banyak hal mulai dari kisah-kisah masa lalu yang menyenangkan mulai dari main-main di sawah, sampai pengalaman pahit tentang kegagalan dan keputusasaan. Semua bagian yang pernah dilewati dari diri anda selama bertahun-tahun,tanpa anda sadari. Jangan takut semua ini hanya anda dan pikiran anda, tidak ada larangan atau hukum yang mengaturnya. Bermimpi itu adalah bagian dari sesuatu yang indah. Mungkin sebagian orang di sekitar kita akan menertawai mimpi kita. Sama seperti banyak ilmuwan yang menciptakan sesuatu berdasarkan mimpi dan daya imajinatif yang luar biasa.
 
Sekali anda membuat jalan keluar untuk fakta-fakta dan gambar-gambar melaui imajinasi semuanya akan muncul. Saat anda membiarkan pikiran anda bermimpi, anda sedang melatih otak untuk merenung ke berbagai arah, menembus ketakterbatasan alam, waktu dan tempat. Dengan cara ini potensi otak anda tergali  dengan sangat mengejutkan. Harapkan apa yang tidak anda harapkan. Terima apapun yang tidak terduga. Biarkan benang-benang pikiran muncul bahkan bila belum pernah muncul sebelumnya. Bayangkan apa yang bisa anda bayangkan dari secarik kertas dalam waktu 1 menit, anda mungkin dapat menemukan seluruh bumi terbuat dari kertas atau bagaimana jika spagethi terbuat dari kertas. Whatever, tergantung dari daya imajinasi anda.
 
Langkah kreatif bermulai dari sebuah ide atau gagasan. Ide adalah kombinasi baru dari komponen-komponen lama. Seperti semua musik yang pernah dituliskan dihasilkan dari pembentukan tidak lebih dari 12 nada. Jadi tidak ada yang baru di dunia ini. Yang ada hanya kombinasi baru yang terdiri dari komponen-komponen yang sudah ada.
Berikut adalah cara supaya lebih kreatif
       1. Perhatikan ide-ide kecil karena dari ide kecil inilah timbul ide-ide yang besar nantinya
2        2. Carilah ide sambil melamun, biarkan pikiran anda melayang dan mengembara ke mana-mana.
3        3. Simpanlah ide-ide di dalam berkas khusus supaya bisa dilihat ulang apabila diperlukan.
4        4. Sering-seringlah menggunakan kata-kata andaikan dan bagaimana jika.
5        5. Cobalah cara-cara yang berbeda dalam aktivitas anda.
6        6. Supaya lebih aktif, belajarlah bahasa asinh untuk melatih otak anda.
7        7. Bermainlah permainan-permainan yang dapat melatih fungsi otak, seperti catur,brigde, mahyong.
8        8. Cobalah mengaktifkan tangan kiri atau sebaliknya.
9        9. Sering-seringlah mengerjakan  TTS atau puzzle.
1    10. Sering-sering memperkirakan ukuran tanpa menggunakan alat ukur.
1    11. Tambahlah wawasan dengan banyak membaca buku pengetahuan.
1       12. Sering-seringlah membuat analogi.
 
Nah, selain cara di atas ubah beberapa kebiasaan anda untuk mendapatkan ide-ide baru. Melakukan hal-hal yang baru dan berbeda dapat membantu anda mendapatkan variasi-variasi yang bila dihubungkan mungkin menjadi seseuatu yang betul-betul baru. So, jangan takut untuk mengubah sesuatu untuk mendapatkan ide baru.
 
Sekian dulu ulasan tentang kreativitas, jadi jangan takut bermimpi dan memaksimalkan daya imajinasi anda serta mengubah untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Yang jelas semua itu akan kembali kepada usaha kita untuk melakukan dan mewujudkannya. Ingat pelukis hebat adalah seseorang dengan daya imajinasi yang tinggi mampu menggabungkan banyak warna. ^_^ 
thumbnail
Judul: Apa itu Kreatif?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh
thumbnail

0 comments:

Post a Comment